Patriak Baru Gereja Katolik Koptik Mesir

Ibrahim Isaac Sidrak

 

Uskup Minya, Mesir, Ibrahim Isaac Sidrak, telah terpilih menjadi Patriark Gereja Katolik Koptik pada sinode gereja yang diadakan di Kairo Senin (15/01/2013)

Rumor yang telah beredar di jejaring sosial sejak tanggal 15 Januari, terhadap berita resmi pada 16 Januari di homepage Gereja Katolik di Mesir.

Msgr. Kyrillos William, Uskup Asyut, dan Msgr. Yousef Abou El Kheir, Uskup Sohag sebagai unggulan.

Pada usia 57, Sidrak menjadi patriark muda menggantikan Patriark Antonios I Naguib yang kesehatannya menurun drastis setelah terserang stroke dan menjalani operasi otak. Menurut beberapa sumber, mulanya Uskup Sidrak menolak atas posisi patriark mengingat beratnya tanggung jawab yang harus diembannya, namun akhirnya beliau menerima atas desakan para uskup yang lain.

Lahir pada 19 Agustus 1955, di desa Bani Shouqayr, tidak jauh dari Asyut, Beliau belajar Filsafat dan Teologi di Seminari Patriarkat St. Leo di Maadi pinggiran Kairo. Ibrahim Sidrak ditahbiskan sebagai imam pada 7 Februari 1980. Selama dua tahun beliau melayani Paroki Malaikat Agung Mikhael di Kairo kemudian menempuh pendidikan di Universitas Pontifikal Gregoriana Roma menerima gelar doktor dalam bidang teologi dogmatik. Semenjak tahun 1990 hingga 2001 beliau menjadi rektor dari Seminari Patriarkat di Maadi. Kemudian beliau menjalani tahun sabatikal, setelah kembali ke Kairo, tempat beliau ditunjuk menjadi direktur pendidikan religius Salakini dan menjadi profesor di fakultas teologi di tempat yang sama di Kairo. Singkatnya, setelah menjadi pastor paroki di Katedral Bunda Mesir di Kota Nasr, Kairo, beliau ditahbiskan menjadi uskup Minya pada 15 November 2002.

Pengumuman publik akan terpilihnya patriark baru pada tanggal 17 Januari, pada permulaan pertemuan di Seminari Maadi. Hasil pemilihan ini kemudian dikabulkan sebagai persekutuan gerejawi oleh Paus Benediktus XVI tiga hari kemudian.

Saat ini Gereja Katolik Koptik memiliki 250,000 pemeluk, dan dibagi menjadi enam keuskupan dengan 175 imam diosesan dan 40 imam Fransiskan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s